Memahami Keberadaan Makhluk Halus Disekitar Kita

Akibat dari seringnya saya secara kebetulan melihat sosok-sosok misterius, atau justru terperosok ke dimensi astral populernya sekarang, dan menjawab beberapa pertanyaan beberapa kawan tentang bagaimana awalnya makhluk halus itu berada dekat sekali dengan kita. Berdasar dari beberapa pengalaman akhirnya saya  punya kesimpulan bagaimana cara makhluk halus berinteraksi dengan kita.

Saya rasa, ketika makhluk halus itu dekat dengan kita setiap orang sebenarnya merasakan. Hanya kadang-kadang mengabaikan rasa itu, entah karena untuk mengusir rasa takut atau beranggapan itu semua hanya perasaan saat itu saja. Parno lah istilahnya. Pertama yang paling sering adalah merinding, ada sedikit rasa sesak di dada seakan kadar oksigen lembab dan ada tekanan di kepala, hingga rambut kita seakan berdiri semua. Ini adalah ciri yang paling sering dan dominan menurut saya.

Merinding adalah bentuk pertemuan energi sukma kita dengan energi makhluk halus tersebut, apapun sebutannya. Biasanya si mahluk halus bermaksud memberi tahu bahwa kita di tempat keberadaannya. Merinding ini, bisa terjadi dimana saja meski yang paling sering adalah di tempat yang sepi dan lembab. Dalam bebarapa kejadian merinding itu bisa terjadi di rumah, sedang asik-asiknya menonton TV, ngobrol ataupun kita sedang beraktifitas lain. Atau saat kita menonton Tv tiba-tiba merinding dan gambar dalam TV kita seperti ada garis-garis seakan posisi antena bergeser, itu indikasi kuat. Dengan cara membuat merinding itu sang makhluk halus memberitahukan kedatangannya kepada kita. ini penting, kita sebaiknya tak perlu takut dengan pertanda-pertanda ini.

Bila kebetulan kita menekuni suatu olah batin, sebelum merasakan merinding, biasanya kita sudah dapat merasakan keberadaan makhluk halus tersebut dari jarak yang lebih jauh. Seperti yang saya tulis diatas, dada juga terasa sesak tertekan, karena ada benturan energi batin kita dengan energi makhluk gaib tersebut. bila ditempat tersebut kita merasakan ada tekanan di kepala, dan membuat rambut merinding itu artinya posisi keberadaan makhluk gaib tersebut persis di atas kita, atau bisa jadi si makhluk gaib tersebut sedang mengetes kemampuan kita.

Selanjutnya adalah aroma. Makhluk halus kerap pula menggunkan bau-bauan untuk menunjukkan keberadaannya kepda kita. dari aroma ini biasanya merupakan jati diri si mahkluk halus tersebut. bentuk bau-bauan ini yang lebih sering adalah aroma bunga kenanga (kembang ijo, Jawa) meskipun ada juga yang terkadang bau rokok kemenyan, saya yakin kalau bau yang ini adalah Jin, terkadang juga ada bau pandan wangi dan juga ada semacam bau minyak-minyak arab. Bau-bauan ini cukup sebagai salah satu indikasi ada kehadiran gaib di sekitar kita.

Seperti yang saya tulis diatas, bau-bauan ini adalah penggambaran jati dirinya dan tempat tinggalnya. Bau-bauan ini bisa diibaratkan seperti bau keringat manusia yang berbeda antara manusia satu dengan manusia lainnya. Ada anggapan arwah manusia yang semasa hidupnya dahulu perokok menyan atau kretek (klobot, Jawa) atau menggunakan minyak wangi tertentu, biasanya kalau dia datang ‘berkunjung’ ke anak cucunya akan menunjukkan bau-bauan seperti itu.

Dengan menunjukkan bebauan ini mereka telah telah bertindak sopan memberitahukan kehadirannya, barangkali mereka sadar kehadirannya tidak tampak oleh kita, meski dalam banyak kasus komukasi itu bisa saja terjadi. Tentunya ada keahlian khusus dalam bidang ini. bisa jadi mereka ingin kita tahu bahwa mereka mengunjungi kita, atau menunjukkan kata ‘permisi’ melewati tempat kita. gaib yang datang itu mungkin saja adalah arwah keluarga atau leluhur ayng sedang mengunjungi kita, atau khodam leluhur yang dikirimkan pada kita.

Adakalanya kejadian hal semacam ini terjadi saat kita berada diruangan yang terdapat banyak orang, dan hanya kita saja yang mencium bau tersebut, sedangkan orang lain tidak membaui, ini artinya berarti si makhluk halus tersebut hanya ‘berkepentingan’ denga kita saja. Mungkin itu adalah roh leluhur atau keluarga kita.

Cara interaksi makhluk halus dengan manusia juga bisa dengan rabaan atau sentuhan. Kenapa saya katakan demikian? Mungkin kita pernah seolah-olah merasakan disentuh oleh seseorang disekitar tangan atau leher kita, padahal tidak ada orang disekitar kita. atau juga bisa juga seperti hembusan angin disekitar kita atau dikaki kita. selai itu kita juga bisa merasakan keberadaan mereka dengan merasakan hawa hangat atau dingin yang berbeda. Untuk yang kepekaannya sudah mumpuni, bisa dengan mendeteksinya dengan rabaan berupa getaran-getaran, seperti ada setrum-seturm tipis di tangan kita.

Mungkin saat suasana hening dengan tiba-tiba ada suara atau kejadian-kejadian aneh itu juga merupakan di antara lain cara mereka mengajak komunikasi dengan kita. Kasus seperti ini biasanya terjadi saat kita sendiri tiba-tiba saja kita mendengar suara gemericik air di kamar mandi, seperti ada yang oarng yang melakukan aktifitas di kamar mandi. Namun, setelah diperiksa kamar mandi tersebut, tidak ada seorangpun yang kita jumpai disana bahkan lantainya pun kering. Ada juga terkadang, ada suara gaduh (kemlothak, Jawa) di lemari, tempat dimana kita menyimpan benda pusaka, kalau kita kebetulan mempunyainya.

Meski sangat jarang, cara mereka interaksi dengan kita adalah dalam wujud penampakan. Dalam bentuk ini, mereka menampakkan diri secara terang-terangan atau samar-samar saja. Dalam hal ini, yang lebih sering terjadi, kita hanya melihat sekelebatan bayangan atau sinar saja. Namun, ada juga orang yang sengaja ditemui oleh sesuatu roh halus yang menampakkan diri kepadanya secara jelas, sehingga bisa diketahui sosoknya. Kemungkinan disini roh halus itu akan menyampaikan sesuatu kepadanya.

Adakalanya penampakan itu tidak disengaja oleh makhluk si halus. Tidak manusia saja yang bersusah hati, bangsa manusia halus juga terkadang susah hati, atau dalam kasus seperti ini kondisi mereka cedera sehingga energinya lemah. Nah, tanpa disengaja dia bisa terlihat oleh mata manusia. Dalam kejadian ini biasanya mereka akan memalingkan mukanya menutupi wajahnya supaya tidak diketahu jati dirinya.

Kita yang hidup di jaman modern ini dan kehidupan yang penuh nuansa agamis yang menjauhkan  kehidupan manusia dari kagaiban alam dan kegaiban hidup, supaya tidak dibilang klenik atau musrik, seringkali tidak menyadari bahwa ada banyak makhluk halus yang memperhatikan jalan kehidupan kita dan mereka juga bisa membaca jalan pikiran kita.
Adapun yang lebih jauh cara ‘mereka’ interaksi dengan manusia itu bisa juga berupa bisikan-bisikan gaib dan penglihatan-penglihatan gaib. Yang kalau jaman dulu disebut misik atau wangsit. Wisik dan wansit yang biasa didengar ceritanya biasanya adalah bersifat penting dan berkaitan dengan tokoh-tokoh manusia terkenal,sebut saja Jayabaya dan Ronggowarsito. Padahal wisik dan wangsit juga sering diberikan kepada orang-orang ‘biasa’ atau orang-orang yang bergerak dibidang kerohanian, tetapi ya itu, karena mereka tidak terkenal atau mereka menutup diri dari dunia ramai, seringkali wangsit tersebut tidak diketahui oleh orang lain!
Tetapi yang perlu digarisbawahi, tidak semua bisikan gaib itu bersifat baik bagi manusia. Ada juga banyak makhluk-makhluk halus yang bersifat jahat dan menyesatkan manusia, sehingga membuat manusia memiliki ide-ide gila dan bertentangan denga norma-norma moral dan mendorong manusia berperilaku jahat dan merusak. Juga menyesatkan manusia, menjadikannya seolah-olah mengerti seklai tentang ranah keTuhanan, menjadikan keinginan-keinginan dan ucapan-ucapannya selalu terjadi, sehingga membuat manusia merasa doa-doa dan keingiannaya dikabulkan, merasa dekat denga Tuhan, dan bahkan merasa dirinya adalah wakil/utusan Tuhan pada saat ini. semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk menambah perbendaharaan pengetahuan kita tentang hal-hal yang sering terjadi pada kehidupan kita sehari-hari…sampai jumpa. wassalam


1 on: "Memahami Keberadaan Makhluk Halus Disekitar Kita"
  1. apa sebab ya jika sering glamun mohon penjelasan ya dan saya sering menaggis jika saya duduk

    BalasHapus