Wejang Jolo Sutro

Selamat malam kerabat akarasa, terima kasih  atas kunjungannya kembali hanya seuntai doa buat saudara semua semoga selalu dalam nikmat sehat dan lapang rizki. Amiiin.

Langsung saja ke topik, dalam dunia spiritual atau kebatinan kita tentu tidak asing dengan istilah ini, Jolo Sutro. Baik itu sebentuk Mustika atau sebuah Ajian yang sifatnya kadigdayan.
Namun untuk tulisan ini saya akan sedikit membahas tentang nama Jolo Sutro itu sendiri yang setidaknya menambah wawasan kita semua.

Dalam banyak cerita gaib yang mengandung misteri dimasa silam dianggap sebagai dongeng pengantar tidur oleh masyarakat kita yang hidup di zaman sekarang ini yang tentunya lebih mengedepankan sain atau logika. Contoh kecil saja tentang datangnya Ratu Adil yang sebagian orang percaya tapi banyak pula yang tidak percaya. Bahkan saya sangat yakin ada sebagian dari kita yang bertanya apa itu Ratu Adil? Kehadiran Ratu Adil sangat dinantikan kaum melarat. Apalagi jaman sekarang ini saat Negara dalam keadaan carut marut.

Dalam tulisan saya kali ini akan saya sarikan tentang sejarah ‘Jolo Sutro’ yang mungkin berhubungan dengan datangnya Ratu Adil. Bagi sedulur yang mengerti Aji Jolo Sutro jangan salah tanggap dulu. Memang namanya sama, tapi isi dan maknanya belum tentu serupa atau sama. Kalau Aji Jolo Sutro atau Mustika Jolo Sutro adalah jenis Ngelmu Kanuragan untuk menjaga diri atau ilmu kekuatan untuk mengalahkan musuh. Aji Jolo Sutro terkenal dahsyat. Tidak banyak orang yang memilikinya, terlebih lagi tentang sejarah Jolo Sutro yang masih wingit.

Seperti yang pernah di wejangkan guru pembimbing saya tergerak saya untuk menuliskan kisah tentang sejarah Jolo Sutro, karena teringat amanat beliau, agar menjaga ilmu yang diwariskan jangan sampai punah. Walau saya tahu pasti, banyak yang tak percaya dengan cerita ini. Semua kita kembalikan pada Yang Di Atas. Wallahu ‘alam bisshawab.

Siapapun tahu, Jolo adalah alat untuk menagkap ikan. Namun Sutro disini bisa diartikan angin atau nyawa. Jadi kesimpulannya sejarah Jolo Sutro yang diwejangkan guru saya adalah sejarah “jala nyawa”.
Menurut sejarah “Jolo Sutro” itu, nanti pada suatu masa akan terjadi masa sulit pangan dan datangnya wabah penyakit yang amat mengerikan (pagebluk gedhe-Jawa). Dan bila tiba masa itu, jika ada orang terkena penyakit pada malam hari maka pagi akan mati, yang lebih mengerikan lagi jika ada seorang yang berjalan tersandung batu lalu jatuh, orang itupun akan binasa. Bukan itu saja bila ada orang digigit nyamuk, semut dan serangga lainnya orang itupun akan binasa juga.

Banyak orang yang telah mengalami pageblug (wabah penyakit) dimasa silam. Tentunya orang-orang tua, terutama orang dari Jawa. Tetapi pagebluk yang seperti diwejangkan guru pembimbing saya adalah berbeda dengan pagebluk pada masa silam.

Pagebluk gedhe adalah wabah penyakit besar dan akan dating merata disetiap penjuru.  Zaman itu adalah masa pemilihan umum dan memang akan ada masa itu. Entah kapan terjadinya, tak ada seorang pun tahu. Bila terjadi akan ada perang antara manusia dan para Kolo (makhluk halus) banyak kejadian yang akan sangat mengerikan di zaman itu.

Jika pemilihan umum di adakan lima tahun sekali, maka pemilihan umur entah berapa tahun sekali dan tak dapat dipastikan. Kembali pada wejangan diatas, tentang pageblug gedhe atau zaman pemilihan umum (sejarah jolo sutro). Akan ada orang yang menang dan terhindar dari pegeblug gedhe seperti dalam wejangan tersebut. Orang tersebut adalah orang yang memiliki tanda atau mengerti tentang sejarah Jolo Sutro. Jolo Sutro dalam hal ini bukan suatu benda nmaun mantera rahasia (wingit) . isinya berupa wasiat tentang sejarah ketuhanan, tentang roh, alam dan manusia.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini dan hanya ini saja yang saya ketahui. Semoga ada maknanya bagi kita sekalian. Akhir kata mohon dimaafkan atas segala kekurangan semua khilaf kembali pada diri saya pribadi karena sebagai makhluk yang penuh keterbatasan. Matur nuwun dan wassalam. Sampai jumpa……

2 on: "Wejang Jolo Sutro"
  1. Bagus... menarik dan pingin tau kelanjutannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak atas kunjungannya, Insya allah dilanjutkan jika ada kesempatan. nuwun...

      Hapus