Membangkitkan Kekuatan Pikiran


Selamat datang kerabat AKARASA. Pada kesempatan menulis kali ini sekaligus menjawab beberapa pertanyaan sahabat tentang kekuatan pikiran dengan merujuk dari buku The Secret karya Rhonda Byrne yang mengatakan bahwa manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan mahakarya. Sebelumnya jik ada banyak kekurangan harap dimaklumi. Kekuatan terbesar dalam diri manusia itu terdapat pada pikiran. Tetapi kita jarang membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu. Sehingga selamanya tidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang berarti.

Bertelekan apa yang dikatakan Rhonda Byrne dalam bukunya jika manusia seharusnya memiliki target yang lebih tinggi untuk merangsang kekuatan dalam pikirannya. Sebab target atau sasaran baru yang dipikirkan itu akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan. Apalagi jika diyakini target tersebut bakal tercapai, maka diri kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada.

Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif dikerjakan hingga berulang-ulang, maka tanpa disadari kita sudah banyak melakukan hal-hal penting hingga kita tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan. Itulah mengapa dikatakan bahwa manusia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu secara umum dan dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu dengan sugesti dan  dan visualisasi.

Sugesti adalah ada sebentuk keinginan-keinginan kita yang merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan sugesti.

Hal yang paling umum tentang sugesti  adalah seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.

Sugesti  akan mengetuk kesadaran dan jika dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita.

Mungkin kegiatan selalu mensugesti ini akan dianggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Selalu membiasakan mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

Cara yang paling sederhana untuk mengoptimalisasi alam bawah sadar kita adalah selalu berpikir hal-hal yang postif namun harus kita lakukan dengan penuh keyakinan dan selanjutnya memvisualisasikannya. Adapun bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu, itulah esensinya. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini.


Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa itu Maha Adil dengan menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian yang ada dibenak kita. Akhir kata sekian dulu ulasan singkat tentang rahasia kekuatan yang sangat besar dalam diri kita, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kerabat akarasa sekalian. Matur nuwun…..


0 on: "Membangkitkan Kekuatan Pikiran"