Jailangkung Riwayatmu Kini

www.akarasa.com
Jailangkung, siapa yang tidak kenal dengan kata tersebut yang merujuk satu permainan yang melibatkan jin. Saya yakin kerabat akarasa tidak asing dengan narasi pertama dalam tulisan ini. Jailangkung menurut pemahaman masyarakat kata tersebut di ambil dari kata  ‘’jail’’ yang artinya usil, sedangkan Langkung  dari kata jawa yang mempunyai makna ndherek  langkung atau numpang lewat, jadi Jailangkung adalah jin atau setan yang suka usil  yang sering lewat di sekitar kita. Zaman saya kecil dulu saya masih ingat sekali Jailangkung sering di mainkan disaat bulan purnama, Biasanya pada saat itu, Sinar bulan purnama membuat suasana desa yang gulita menjadi terang.

Dulu sebelum saya mengenal dunia mistis, permainan dalam anggapan saya adalah menggunakan media roh, yang kemudian di masukkan ke dalam tubuh boneka yang terbuat dari keranjang bambu dan berkepala batok (tempurung kelapa). Tapi senyatanya itu bukanlah roh atau arwah melainkan jin. Yang menarik,  ada kepercayaan dalam permainan ini, semua peralatan yang berbentuk boneka Jailangkung harus barang curian. Setelah boneka jadi, pemain membawanya ke tempat yang di anggap angker, seperti punden atau makam keramat yang di yakini di tempat itu ada roh gentayngan, padahal itu adalah jin yang menyaru. Sebelum permainan di mulai, salah seorang di tunjuk menjadi pawang, biasanya orang yang sudah mengenal dan memahami permainan Jailangkung tersebut.

Karena sudah disebut pawang , biasanya sudah tahu apa yang menjadi keinginan dari jin yang nantinya akan di suruh masuk ke dalam boneka, misalnya jin yang akan di panggil kesukaannya adalah bunga mawar dan bunga kantil atau di tambah dengan minyak wangi. Maka sesaji yang harus di berikan pada jin itu harus sesuai dengan keinginannya. Kalau tidak biasanya jin itu tidak mau masuk ke dalam boneka, walaupun mau biasanya jin itu akan berontak dan berbuat semaunnya. Kadang salah satu peserta akan kesurupan.

Ketika mantra di baca yang isinya panggilan pada jin yang ada di tempat itu untuk  mau datang dan masuk ke dalam tubuh boneka Jailangkung. Pada saat yang sama pawang mengucapkan kata-kata, jika jin tersebut ingin pulang tidak boleh minta macam-macam. Barulah sang pawang menghentakkan tanah tiga kali melalui hentakan kakinya. Mulailah permainan Jailangkung beraksi.

Boneka Jailangkung yang sudah terisi jin merkayangan suka di ajak bermain kejar-kejaran dan diskusi. Dengan menempatkan alat tulis di dada  boneka jailangkung bila di tanya sang pawang, jin  akan menjawab dengan menulis di kertas yang telah di sediakan sebelumnya, itulah keunikan permainan Jailangkung.

Jailangkung adalah permainan klasik yang sekarang sudah mulai punah dan mungkin orang takut memainkannya di karenakan bisa terjadi kesurupan, atau di masuki makhluk halus, kuncinya agar aman adalah keberanian dan mental yang kuat. Itu saja. Nah, kerabat akarasa tertarik memainkannya? Saya ada manteranya yang masih sangat saya hafal betul?...


1 on: "Jailangkung Riwayatmu Kini"
  1. Begini Tips Merawat Batu Akik yang Bener >> TIPS MERAWAT BATU AKIK

    Jangan Buru2 Beli Batu Akik Sebelum Baca Tips Ini >> TIPS MEMILIH BATU AKIK

    BalasHapus