Makna Urip Iku Urup Dalam Falsafah Jawa

akarasa
Akarasa – Selamat malam kadang kinasih akarasa, terima kasih kerabat sekalian masih setia berkunjung disini. Seperti pada tajug di atas adalah satu dari sekian banyak filosofi Jawa membimbing kita menjadi orang yang benar. Walaupun demikian tidak heran kalau filosofi itu kini minim sekali untuk bisa kita pahami apalagi  melaksanakan mengingat aurora duniawi amat kuat dan kental menyelimuti kita.

Urip iku urup ( Hidup itu Nyala ) memiliki makna hidup itu hendaknya membei manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang kita berikan tentu akan semakin baik bagi kita maupun orang lain, tetapi sekecil apapun manfaat yang kita berikan kepada orang lain jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

Makna filosofi ini luar biasa, bahwa kita dilahirkan di dunia ini bukan untuk berdiri sendiri, berkuasa dan semua hanya untuk diri sendiri, akan tetapi kita lahir untuk saling memberi, menolong dan membantu sesama tanpa ada rasa pamrih. Semua agama banyak mengupas hal ini bahwasannya manusia sebagai makhluk sosial harus saling interaksi dan menolong kepada sesama.

Manfaat yang kita berikan ibarat api yang menyala, api bukan berarti bara yang membakar dan memusnahkan apa saja, tetapi api memiliki makna sebagai cahaya yang selalu menyala dan menyinari setiap langkah manusia ke jalan yang benar. Oleh karena itu hidup kita harus punya nilai manfaat yang selalu memberi cahaya yang terang agar setiap langkah kita dan saudara-saudara kita dapat berjalan ke arah kebenaran.


Janganlah hidup kita selalu membuat resah masyarakat, mengganggu ketenangan karena hal itu tidak sesuai kodrat kita sebagai makhluk mulia. Andai kita berbuat sesuatu yang keliru itu adalah lupa, tetapi kalau kekeliruan itu diulang kedua kalinya berarti sudah menjadi wataknya.  Mari kita mengisi hidup kita dengan manfaat yang berguna dan mari kita saling menjaga agar langkah kita bisa bermanfaat bagi semua. Sekian dulu semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya buat kita semua. Maturnuwun..

0 on: "Makna Urip Iku Urup Dalam Falsafah Jawa"