Misteri Tengah Malam

Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Meski tidak semuanya, tapi saya yakin kita semua sepakat untuk mengatakan bahwa hantu akan muncul pada saat tengah malam. Sebentyuk doktrin kita yang terlanjur kita amini yang secara tidak l;angsung dibentuk oleh lingkungan kita berada. Berangkat dari situlah akhirnya ada sebuah istilah misteri jam 12 malam. Ada apa sebenarnya ketika waktu menunjukan tepat pukul 00.00  sehingga kebanyakan orang yang penakut menganggap saat-saat itu adalah saat yang paling menyeramkan dari sebuah waktu. Terlebih pada malam-malam tertentu, seperti malam jumat kliwon atau selasa kliwon. Baik, saya ulaskan buat panjenengan semua berdasar sedikit pengalaman dan logika berpikir.

Jam 12 malam, seolah  kita sepakati dan amini bersama sebagai jam yang paling mengerikan. Cerita misteri jam 12 malam pun banyak berkembang di sekitar kehidupan kita. Terlanjur diamini dan kemudian berhasil menyugesti orang-orang bahwa hal-hal mengerikan banyak terjadi di jam 12 malam. Tidak sedikit  cerita-cerita seram muncul pada jam 12 malam. Misteri jam 12 benar-benar menjadi cukup eksis di alam berpikir kita selama ini. Dari mulai kemunculan kuntilanak, pocong, genderewo, wewe gombel, tuyul, dan setan-setan lain seloah tengah malam adalah waktu berpestanya para setan.

Paradigma misteri jam 12 malam semacam ini tidak hanya terjadi pada pemikiran kita, yang kalau kita mau jujur mengakui memang masih ortodok dan percaya pada takhayul. Akan tetapi fenomena ini juga terjadi pada pemikiran orang barat yang menganggap tengah malam adalah waktunya setan berpesta. Jika kebetulan penjenengan suka menonton film bertema horor, coba saja perhatikan film-film hantu barat tersebut, yang meneror pada tengah malam. Seolah malam adalah hal-hal berbau mistis tempat segala keburukan terjadi. Begitulah orang beranggapan bahwa tengah malam adalah tempat terjadi kutukan. Misteri jam 12 selalu menjadi tema horor yang umum.

Adegan atau scene yang paling umum adalah memperlihatkan jarum jam yang perlahan bergeser ke angka 12, lengkap dengan backsound menyeramkan semakin “memperindah” cerita-cerita misteri jam 12 malam pada film-film horor klasik. Misteri jam 12 malam bukan hanya milik masyarakat Indonesia. Masyarakat luar negeri sepertinya juga setuju jika jam 12 malam dirasa memiliki aura mistis tersendiri. Yang saya masih ingat film serial televisi pertengahan 90an Alfred Hitchcock yang di putar setip kamis malam, dalam serial itu selalu menyantumkan “jam 12 malam” sebagai salah satu syarat pentingnya.

Indonesia kita ini juga tidak kalah eksis dalam menawarkan cerita misteri jam 12 malam. Sejak lama, kisah kuntilanak, pocong dan berbagai jenis hantu yang lain, termasuk kisah para peri pun terjadi pada jam 12 malam. Kemunculan makhluk-makhluk tersebut menjadi daya tarik istimewa setiap jam 12 malam tiba. Kegelapan yang Misterius Misteri jam 12 malam disebabkan mungkin karena malam selalu identik dengan kegelapan. Di saat langit menghitam dan semua menjadi bayang-bayang sehingga orang beranggapan setan akan muncul pada saat tersebut.

Sah-sah saja beranggapan semacam itu karena setan menyukai kegelapan dan malam adalah saat manusia lengah. Mereka sedang tertidur dan dalam keadaan tidak sadar, maka tipu daya setan akan semakin canggih saat malam tiba. Malam adalah tempat sugesti semesta, apalagi tepat pukul 12 malam. Ini adalah saat bergantinya hari. Waktu menunjukkan pada titik 0 dan ini waktu yang tepat untuk menyugesti manusia. 

Diriwayatkan, ketika waktu pada titik 0 maka emosi manusia pun pada titik nol. Kesan misteri jam 12 malam pun tidak bisa dihindarkan. Jika emosi manusia pada titik nol maka isme apa pun akan mudah masuk pada pribadi seseorang. Oleh karena itu para dukun atau para penyihir akan meniupkan kutukannya selepas tengah malam. Dan setan-setan akan lebih senang jika bekerja di malam hari karena manusia lebih mudah diperdaya.

Jadi tidak mengherankan jika misteri jam 12 malam banyak bermunculan dan selalu erat dengan gaib. Meskipun pada dasarnya setan itu akan muncul kapan saja dan di mana saja. Mereka tidak mengenal waktu ketika menggoda manusia dan menampakkan wujudnya. Hanya malam adalah waktu tepat untuk menjerumuskan manusia pada jurang kenistaan yang paling dalam. Jam 12 malam pun menjadi waktu yang identik dengan kemunculan makhluk-makhluk gaib hingga akhirnya melahirkan sebuah cerita misteri jam 12 malam.
Seperti lazimnya yang kita dengar dan ketahui sejauh ini tentang ritual-ritual gaib yang dilakukan banyak orang di berbagai belahan dunia ini. Pasti dilakukan tengah malam. Karena malam adalah waktu yang sepi sehingga mudah untuk konsentrasi. Hampir semua makhluk sedang beristirahat saat malam kecuali para nokturnal.

Ritual-ritual itu semakin menambah kental cerita tentang misteri jam 12 malam yang sudah beredar di masyarakat. Pada saat kita sedang tertidur maka aura yang kita keluarkan cenderung lebih natural, tidak terpengaruh aura siapa pun sehingga aura dunia ini cenderung lebih tenang dan tidak kacau. Karena itu malam menjadi pilihan para setan untuk menjalankan kejahatan. Aura yang netral menyebakan mereka lebih leluasa untuk menggoda manusia. Misteri jam 12 malam selalu mengiringi setan-setan tersebut hingga terciptalah berbagai cerita hantu yang identik dengan jam 12 malam. Maka dari itu ada sebuah kepercayaan, jika orang biasa tidur lewat dari jam dua belas malam maka dia akan sulit terkena pengaruh sihir, baik santet atau pelet. Karena jiwanya masih sadar ketika waktu menunjukan titik nol.

Meskipun tidak sejalan dengan logika, cerita misteri jam 12 malam ini nyatanya tetap bertahan hingga kini. Oleh karenanya ajaran Islam menganjurkan kita untuk bangun tengah malam dan mengucap doa dalam sholat tahajud, bukan sekadar untuk mohon minta petunjuk dan mendapat pahala tetapi juga untuk menghindar dari pengaruh sihir atau godaan setan.Untuk mengindarkan diri kita dari berbagai cerita misteri jam 12 malam. Dan doa yang disampailan saat tengah malam biasanya lebih afdol bukan karena waktunya tetapi pada saat malam kita bisa lebih khusuk.


Seperti yang saya ulas di atas, bahwa aura dunia sedang dalam keadaan netral sehingga doa apa pun akan mudah disampaikan. Sebetulnya kita tak perlu takut ketika tengah malam, terhadap cerita misteri jam 12 malam, justru ini adalah kesempatan kita untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Setan tidak mungkin menggoda pada orang-orang yang dekat dengan Tuhan. Takkan ada penampakan setan tengah malam itu hanya sebuah sugesti kita saja. Setan bisa menampakan diri kapan saja kepada kita tak perlu tengah malam. Hanya malam dijadikan keempatannya karena manusia itu takut akan kegelapan. Jika kita tidak takut maka setan atau hantu apa pun tidak akan pernah berani muncul di hadapan kita meski itu tengah malam. Misteri jam 12 malam pun bukan lagi menjadi sebuah cerita menakutkan untuk kita semua. Akhir kata, sekian dulu. Matur nuwun...

0 on: "Misteri Tengah Malam"