Kalulut, Lebah Aneh Penghasil Mustika

Akarasa – hewan ini dipercaya hanya ada di Kalimantan. Sejenis tapi lenih berbentuk menyerupai lalat, hanya ukurannya lebih kecil. Ciri khususnya adalah tubuh serangga ini seperti ada lemnya. Dia juga sering membuat sarang di dalam batang kayu yang sudah lapuk.

Ada dua jenis Kalulut, yakni yang berwarna hitam, merupakan Kalulur pekerja. Sedangkan yang berwarna orange adalah Kalulut ratu. Bila sudah lama bersarang, rumah Kalulut ini akan memghasilkan madu. Madu Kalulut dipercaya memiliki khasiat 10 kali lebih hebat dari madu lebah hutan asli (bukan ternakan), terutama untuk menyembuhkan penyakit. Dan siapa sangka, serangga langka ini juga memiliki mustika yang sangat sakti....

Sejatinya, hewan ini bisa bersarang dimana saja, seperti pohon yang hidup atau mati. Juga di rumah pendududk. Ada keyakinan, bila rumah di tempati Kalulut dan di buat sarang, maka pemilik rumah tersebut akan sellau dinaungi hoki.

Kalulu yang sudah puluhan tahuin bersarang di suatu tempat dapat menghasilkan Buntet yang berarti mustika. Karena itu kemudian disebut Buntat Kalulut. Namun tidak semua sarang Kalulut yang sudah puluhan tahun itu mesti ada Buntat-nya.
Buntat Kalulut dapat disetarakan dengan semacam benda bertuah yang kewaahyon. Dalam memperoleh Buntat Kalulut ini ada 2 cara yang bisa dijalani, yakini:

Yang pertama, mengambilnya langsung di dalam sarang Kalulut yang diperkirakan ada Buntat-nya. Biasanya Buntat yang diambil secara langsung ini bentuknya kecil. Cuma sebesar biji jagung.


Sedangkan yang kedua adalah dengan tirakat. Yakni semalaman menyediakan sesaji berupa darah ayam cemani dan mengundang mahkluk gaib pemilik Buntat Klulut untuk dimintai mustikanya, atau barter dengan kesepakatan. Kelebihan Buntat Kalulut yang diperoleh dari tirakat ini bentuknya lebih besar daripada yang diambil dari dalam sarangnya. Konon, bisa sebesar kelereng. Maturnuwun..

0 on: "Kalulut, Lebah Aneh Penghasil Mustika"