Aneka Manfaat Kolesom atau Ginseng Jawa Yang Harus Kalian Ketahui


Akarasa – Sehat itu mahal, demikian bunyi sebuah ungkapan bijak. Saya rasa semua orang meng-amin-kan ungkapan di atas. Mahal di sini sejatinya adalah relatif, terlebih jika kita sedikit jeli untuk memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar kita yang selama ini terabaikan. Seperti pada judul di atas yang akan saya bagikan kesempatan kali ini. Untuk menambah stamina sebenarnya banyak sekali produk yang di tawarkan baik secara online, baik melalui media elektronik maupun media cetak. Tentu saja dengan berbagai iming-iming yang di janjikan oleh produsen obat tersebut, kadang kita sampai bingung untuk memilihnya karena semua jooos,semua hebat dan tokcer dalam iklannya.

Coba kita perhatikan tanaman yang ada di sekitar kita. Bahkan sedari kita kecil sudah familiar tapi tidak pernah terlintas dalam pikiran kita kalau tumbuhan itu ternyata banyak sekali manfaatnya. Padahal, oleh nenek moyang kita di jadikan sebagai bahan untuk Obat Tradisional yang sudah terbukti sejak dulu kala.

Ginseng Jawa atau Kolesom atau Som Jawa adalah tanaman yang banyak tumbuh di sekitar kita meskipun kadang kita tidak merasa menanamnya, karena sangat mudahnya tanaman ini tumbuh, perkembangan ginseng jawa bisa dengan batangnya/stek bisa juga dengan bijinya, namun jika mau di ambil akarnya/umbinya sebaiknya di tanam dengan menyemai bijinya, karena dengan menyemai bijinya umbi ginseng akan lebih cepat besar dan di panen.
Selain umbinya ginseng juga bisa di manfaatkan batang dan daunnya, bisa untuk sayur, bisa untuk campuran bikin mie, bisa di tumis karena teksturnya yang empuk sedikit kenyal jadi lumayan enak kalau di bikin sayur.

Ginseng jawa atau Som Jawa memiliki kandungan kimia seperti :  sapinin , saponin,  alkaloid,tanin serta senyawa lain yang mampu untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita,terutama sirkulasi darah pada susunan saraf pusat.

Tumbuhan ini di negara yang terkenal degan pengobatan herbalnya seperti Korea, Tiongkok, Thailand, dll sejak jaman dulu sudah memanfaatkan ginseng untuk obat penambah gairah dan stamina pria, meskipun ginsengnya berbeda dengan Ginseng Jawa ini, namun khasiatnya hampir sama.
Cara untuk meramu ginseng adalah ;ambil 50gr akar/umbi Ginseng Jawa kemudian di cuci bersih lalu di iris-iris dan di seduh dengan air mendidih,setelah hangat tambahkan madu secukupnya lalu di minum.

Selain sebagai penambah stamina pria manfaat Ginseng Jawa lainnya adalah;

Mengurangi kelelahan bagi para pekerja yang kelelahan bisa minum air rebusan ginseng jawa yang sudah di keringkan untuk mengurangi rasa lelahnya.
Untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan rutin minum air rebusan Ginseng Jawa bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh seseorang yang sistem kekebalan tubuh melemah seperti cepat lelah , mudah terserang flu, mudah sakit sakitan.
Ginseng Jawa juga bisa di gunakan untuk pencegahan/menghambat pertumbuhan sel  kanker apa bila di konsumsi secara rutin dan benar. Dengan berbagai kandungan kimiawi yang di miliki oleh Ginseng Jawa.

Untuk menurunkan kadar gula dalam darah Ginseng Jawa juga sangat efektif untuk di jadikan sebagai obat tradisional.
Dengan berbagai nutrisi yang di miliki Ginseng Jawa ini juga bisa untuk mengurangi stres yang berlebihan.
Dari beberapa manfaat di atas cara mengkonsumsinya sama yaitu akar, batang dan daunya di cuci bersih kemudian di kukus lalu di keringkan, kemudian ketika akan di gunakan ambil ginseng atau kolesom  yang sudah kering tadi sebanyak 6o gr kemudian di rebus dan airnya di minum.


Demikian ulasan dalam tulisan kali ini tentang Ginseng Jawa/Kolesom/Som Jawa yang bisa di jadikan obat tradisional penambah stamina dan beberapa manfaat lain untuk kesehatan. Semoga ulasan singkat ini bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat untuk kita semua. Nuwun.

1 on: "Aneka Manfaat Kolesom atau Ginseng Jawa Yang Harus Kalian Ketahui"