Mbah Petruk, Penanggung Jawab Letusan Merapi


Akarasa – Menyambung tulisan sebelumnya tentang merapi baca disini. Seperti yang sudah kita ketahui pada tulisan sebelumnya, meski semua dewa boyongan ke Gunung Tenguru (Himalaya), tapi Batara Ramayadi memilih berdomisili di Gunung Merapi. Bila para Dewa memesan pusaka tinggal menghubunginya, dan setelah jadi akan di paketkan ke Himalaya. Dan konon, gempa disekitar Merapi disebabkan Empunya dewa ini memukulkan palu godamnya saat menempa pusaka, dan pijaran lava yang muntah merupakan percikan besalen-nya.
Setalah ribuan tahun menetap dipuncak Merapi, baru Empu Ramadi memiliki patih setelah Ki Juru Taman yang menjadi raksasa datang. Siapakah Ki Juru Taman ini?
Dalam mitos dikisahkan, saat Panembahan Senopati diberi Endog Jagad untuk dimakan, oleh Ki Juru Mertani dilarangnya. Lalu diujicobakan dulu pada abdi kinasih Panembahan Senopati, yakni Ki Juru Taman.

Setelah makan Endog Jagad, tubuh Ki Juru taman berubah menjadi raksasa mengerikan. Oleh Panembahan Senopati, Ki Juru Taman yang sudah berubah menjadi raksasa diperintahkan untuk menjadi dahnyang Gunung Merapi yang kemudian diangkat menjadi patih oleh Empu Ramayadi seperti yang saya jelaskan di atas.
Ki Juru Taman ini kemudian setelah menjadi patih di beri gelar Kyai Sapu Jagad, dan diberi wewenang untuk mengatur roda pemerintahan keraton gaib Merapi. Nama lainya adalah Panembahan Prabu Jagad.

Selain mereka berdua, dahnyang andalan yang menjabat sebagai menteri kalau kita umpakan dalam sebuah lembaga pemerintahan manusia adalah; Empu Rama, Krincing Wesi, Branjang Kawat, Sapu Angin, Mbok Ajeng Lambang Sari, Mbok Nyai Gadung Mlati, dan Kyai Megantoro. Mereka ini setiap tahun secara khusus diberi sesaji oleh Keraton Jogja. Sedangkan yang tak kalah terkenal dari nama-nama di atas adalah Kyai Petruk yang kalau diumpamakan adalah seorang menteri perindustrian.


Konon, diantara penggede Merapi lainnya, Kyai Petruk inilah yang paling sering mengadakan dialog (gaib) dengan warga. Kyai Petruk atau warga sekitar merapi menyebutnya Mbah Petruk ini disebutkan sebegai menteri perindustrian Kerajaan Gaib Merapi atau sesekali merangkap menjadi Menteri Penerangan. Dialah yang bertugas menguras kotoran yang berada di perut Merapi, setelah mendapat mandat dari Patih Kyai Sapu Jagad. Kotoran yang merupakan limbah sisa penempaan pusaka Empu Batara Ramayadi itu sudah menumpuk begitu banyak. Karena itulah di waktu-waktu tertentu Mbah Petruk selaku Menteri Perindustrian diperintahkan untuk membersihkannya. Hal inilah yang kemudian membuat Merapi meletus. Sekian dulu jika ada kesempatan lagi kita akan bahas menteri Merapi lainnya. Nuwun.

0 on: "Mbah Petruk, Penanggung Jawab Letusan Merapi"