Ritual Ampuh Melariskan Dagangan


Akarasa – Ada pengalaman menarik ketika saya mengunjungi kolega di Pauh, Sarolangun, Jambi 2 tahun yang lalu. Kebetulan kolega saya tersebut orang tuanya mempunyai usaha rumah makan yang terbilang paling besar di sukses di daerahnya. Pengalaman yang saya maksud di atas adalah, ketika setiap pagi halam rumah tersebut selalu di siram dengan air bekas cucian beras (leri, Jawa). Pada awalnya saya kira hanya kejadian biasa saja, namun, setelah saya jumpai beberapa kali setiap pagi akhirnya mengundang pertanyaan.

Ternyata, ritual semacam ini bukan hanya berlaku di luar Jawa saja. Hingga pada satu kesempatan yang lain dalam suatu obrolan dengan bapak saya dapatkan informasi ini. Masyarakat Jawa juga ternyata familiar dengan ritual menyiram halaman rumah, atau pun tempat usaha dengan air bekas cucian beras atau air leri ini. Karena terkadang sesuatu yang tak kasat mata atau energi negatif seringkali merugikan penghuni atau pelaku usaha dan air bekas cucian beras inilah diyakini bisa menetralisir hawa negatif.

Nah, sekedar untuk menambah wawasan buat kerabat akarasa akan satu ritual yang unik warisan dari leluhur ini saya akan bagikan buat kerabat sekalian. Tentunya cara yang saya maksud di sini adalah cara yang sering dipakai orang Jawa, mungkin di daerah tata caranya berbeda meski pun bahan utamanya sama, air cucian beras.
Pertama-tama, dari pada dibuang percuma air bekas cucian beras wadahi timba atau sejenisnya. Jika ada, tambahkan daun kelor sekitar beberapa ranting, jika tidak ada tidak masalah. Selanjutnya, air cucian beras tersebut tambahkan garam kasar dua genggam dan diaduk merata.

Adapaun bacaan-bacaannya adalah :
  • Syahadat tiga kali, dan
  • Ayat kursi 21 kali,



Kemudian tiupkan ke air cucian beras yang sudah kita campur dengan garam dan daun kelor tersebut. Setelah itu siramkan air cucian beras tersebut ke halaman rumah atau warung secara merata. Usahakan dalam menyiram dan membaca do’a tersebut dalam keadaan suci dari hadas. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari setelah solat subuh atau ba’da magrib. Insya Allah benda-benda gaib yang mengganggu akan ternetralisir. Sekian dulu dan semoga tulisan singkat ini bisa berguna bagi yang membutuhkan dan menambah wawasan buat kita sekalian. Nuwun.

0 on: "Ritual Ampuh Melariskan Dagangan"