Mengungkap Tuah Kayu Asam


Akarasa – Di kalangan masyarakat kita, terutama di Pulau Jawa, ada yang mempunyai keyakinan bahwa beberapa jenis kayu tertentu, memiliki daya gaib dan khasiat. Biasanya, kayu tersebut diperoleh dari pohon atau kayu bekas tempat keramat, seperti makam leluhur, para wali, atau saat mendapatkannya diilhami oleh peristiwa gaib tertentu.

Salah satu kayu yang dianggap memiliki tuah gaib tinggi adalah kayu Asam Jawa, Celagi, Tangkal Acem. Pohon Asam ini sangat populer di Jawa. Tingginya bisa mencapai 30 meter lebih dengan diameter mencapai 60-70 cm. Daun dan buahnya banyak digunakan untuk obat.

Asam Kawak adalah buah asam yang telah dibersihkan dari biji dan seratnya, kemudian dikukus sekitar 10 menit, diberi sedikit garam, dibentuk seperti bola dan dijemur di sinar matahari. Asam Kawak ini digunakan untuk bermacam-macam obat, diantaranya penyakit tenggorokan.

Bijinya disebut Klungsu, dipercaya dapat mengusir roh jahat, khususnya dari Kerajaan Laut Kidul. Biji asam yang hitam legam sebanyak 3-9 biji di taruh dalam lampu mobil/motor dipercaya dapat menghindari kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh makhluk halus.

Bagian hitam dari kayu asam dinamakan Galih Asam, bertuah untuk keselamatan, menolak jin jahat dan anti tenung. Jika dipukulkan pada seseorang yang mempunyai daya magis ilmu hitam, maka biasanya akan punak kesaktiannya. Galih Asam hanya baik dipakai oleh pemimpin berhati satria pinandhita, kayu ini juga bagus untuk warangka keris. Nuwun.

0 on: "Mengungkap Tuah Kayu Asam"