6 Makhluk Halus Dari Bangsa Dedemit

alam gaib dan penghuninya

Akarasa – Selamat malam kerabat akarasa. Sepertinya kalau akarasa tidak membahas tentang alam gaib, tak ubahnya kehilangan greget. Setidaknya dari trafiknya akhir-akhir ini ada penurunan pemirsa. Akhir-akhir ini saya berkutat dalam tulisan sejarah, yang tentu saja banyak menyita waktu karena harus mengumpulkan data pendukung hingga hadir dalam bentuk tulisan.

Baik, kesempatan kali ini dan sekaligus memenuhi janji saya pada sdr. Yohan yang menanyakan tentang penghuni alam gaib dan penghuninya, tulisan ini adalah kesinambungan tulisan yang khusus membahas pertanyaan tersebut. Sebagai penyingkat tulisan untuk penghuni alam gaib yang akan saya bahas ini kerabat akarasa baca dulu artikel yang saya tautkan di bawah ini :


Demit atau Dedemit, saya yakin kerabat akarasa tidak asing nama ini. Tapi saya rasa tidak semua pernah lihat yang namanya Demit ini. Amit-amit ya, lebih baik tidak usah lihat. Baik, meskipun tidak harus tahu, setidaknya kita mengenalnya secara umum komunitas apa yang masuk kategori Demit atau Dedemit ini.

Secara umum, yang sudah saya bagikan pada tulisan sebelumnya, Alam Gaib Dalam Logika Berpikir tingkatan pertama yang paling tipis hijabnya adalah bangsa Jin. Letak alam manusia berada menjadi satu dengan alam gaib, hanya saja kedua alam ini berbeda ruang atau dimensi saja. Jagat manusia dan jagat gaib selalu bersentuhan sehingga kedua alam ini akan sama-sama merasakan dampak tertentu apabila di salah satu jagat sedang terjadi suatu peristiwa. Istilah Bangsa Dedemit  digunakan untuk mengelompokkan berbagai macam mahluk halus yang jenisnya sendiri-sendiri. Nah, bangsa Dedemit atau Demit ini tergolong sebagai kelas rendah, yaitu dari sisi tingkatan dimensinya atau dalam bahasa lain, lebih mudah dilihat dibanding mahluk halus lainnya. Pun rendah dalam kekuatan gaibnya, ataupun intelijensinya.

Berikut ini yang termasuk golongan bangsa Dedemit seperti yang sering kita dengar adalah:

  • Kuntilanak


Saya yakin kerabat akarasa tidak asing dengan nama yang satu ini. kalau sampai tidak kenal, yaa kebangeten tenan. Kuntilanak adalah sejenis mahluk halus yang sosoknya dan perangainya menyerupai manusia perempuan. Berambut panjang. Seringnya berpakaian putih panjang sampai menjuntai ke tanah, tetapi kakinya tidak tampak menginjak tanah. Tetapi tidak semua kuntilanak sosoknya seperti manusia perempuan muda bergaun putih, ada juga yang seperti ibu-ibu gemuk.

Kuntilanak biasanya hidup berkelompok. Sering tinggal di pohon-pohon buah yang sudah pernah berbuah atau di pohon bunga yang pohonnya besar dan sudah pernah berbunga, atau di lingkungan pemukiman yang berpohon dan teduh.

Tempat tinggal favorit komunitas kuntilanak adalah di lokasi tanah kering atau perumahan yang dulunya daerah itu adalah rawa-rawa yang sudah dikeringkan airnya. Apalagi bila kemudian tanah di daerah itu banyak ditanami pohon pisang. Suka sekali kuntilanak dengan tempat yang satu ini.

Perangai kuntilanak mirip seperti manusia perempuan. Senang dengan buah dan bunga. Senang bercanda itu makanya sering kita dengar cerita cekikikan,  senang menggoda manusia dan senang dengan anak kecil atau bayi.

Tetapi banyak orang tidak dapat membedakan kuntilanak dengan mahluk halus lain yang sosoknya mirip dengan kuntilanak. Ada beberapa bangsa jin yang sosoknya seperti manusia perempuan. Berpakaian putih sampai ke tanah dan berambut panjang sering dikatakan sebagai kuntilanak. Ada juga yang sosoknya mirip kuntilanak, tetapi pakaiannya ada yang berwarna merah, biru, kuning, dsb. Itu sebenarnya adalah bangsa jin, bukan kuntilanak. Walaupun sosoknya mirip, tetap saja mereka berbeda. Sifat energi dan psikologisnya pun berbeda antara bangsa jin dengan kuntilanak. Dan walaupun sosoknya mirip seperti kuntilanak, tetapi kekuatannya lebih tinggi daripada kuntilanak.


  • Gondoruwo


Gondoruwo adalah sesosok mahluk halus yang biasanya tingginya 2 - 4 meter dan berbulu hitam atau hitam kecoklatan di seluruh tubuhnya seperti gorilla. Biasanya hidup sendirian, tidak suka berkoloni. Sering tinggal di bagian bawah pohon besar, di tembok rumah, atau di bagian bangunan yang teduh dan sepi.

Energinya bersifat negatif bagi manusia, bisa menyebabkan manusia sakit-sakitan, terutama anak-anak dan orang yang sensitif tubuhnya. Jika orangnya sering berada di dekatnya atau jika ada gondoruwo yang tinggal di dekat tempat tinggal manusia, terutama di tembok ruang tidurnya.

Gondoruwo termasuk mahluk halus yang sulit dibaca jalan pikirannya karena mereka lebih banyak menggunakan insting atau naluri. Gondoruwo memiliki kekuatan gaib dua lipat kalinya kekuatan kuntilanak.

Tempat tinggal favorit gondoruwo adalah di lokasi pemakaman. Lokasi bekas pemakaman. Di bangunan yang di bawahnya ada makam, dan di bangunan-bangunan kosong yang dulunya dihuni manusia.

Kalau tidak jeli dan  sudah terlatih indra keenam kita. Jika  hanya membedakan dari sisi penampakan wujudnya seringkali orang tidak dapat membedakan gondoruwo dengan mahluk halus lain yang sosoknya mirip dengan gondoruwo. Ada banyak bangsa jin yang sosoknya berbulu lebat di seluruh tubuhnya, hitam, besar, tinggi, berwajah seram. Tetapi kadang mereka berbeda. Sifat energi dan psikologisnya pun berbeda antara bangsa jin dengan gondoruwo.


  • Wewe Gombel.


Ada beberapa kejadian yang dialami oleh anak-anak, terutama bayi, yang sudah meninggal, yaitu rohnya dijemput oleh sesosok mahluk halus yang biasa disebut wewe gombel. Sosoknya seperti ibu-ibu tua agak gemuk dengan buah dadanya panjang menggantung. Anak-anak yang dijemputnya akan dijadikan peliharaannya. Biasanya wewe gombel hidup sendirian di hutan atau di daerah berpohon yang sepi bersama sukma anak-anak yang dipeliharanya.

Wewe Gombel memiliki kekuatan gaib setingkat dengan kuntilanak. Bila wewe gombel mendekati anak manusia yang masih hidup, biasanya si anak akan menangis terus-menerus ketakutan. Wewe gombel ini bisa ditangkal dengan memborehkan bawang merah dan bawang putih (yang sudah ditumbuk dihaluskan) di tubuh bayi / anak, seperti yang sudah biasa dilakukan di dalam masyarakat Jawa.


  • Tuyul


Tuyul adalah mahluk halus bertubuh seperti anak kecil yang seringkali dimanfaatkan manusia untuk pesugihan dengan cara diperintahkan mencuri uang milik orang lain.
Orang yang memelihara tuyul berarti harus memeliharanya seperti layaknya ia memelihara anak sendiri, misalnya menyediakan kamar dan tempat tidur, mainan, makanan, menyusuinya dan membawanya jalan-jalan.

Wujudnya mirip manusia anak-anak, tetapi ada yang bermata satu (di tengah jidat), ada yang bermata tiga, ada yang berkuping panjang dan lancip, ada juga yang memiliki tanduk di kepalanya. Perilakunya juga mirip seperti anak-anak, yaitu senang bermain dan bercanda, suka meminta mainan atau mencuri, dsb.

Sejatinya Tuyul berbahaya, termasuk bagi pemiliknyat. Bila tuntutannya tidak dipenuhi mereka akan menyerang pemiliknya, bahkan mungkin membunuhnya. Bila minta disusui, tuyul itu menuntut untuk disusui oleh manusia yang adalah istri si pemilik tuyul tersebut. Nafsu minum susu dan daya hisap tuyul tersebut sangat kuat tidak seperti anak-anak pada umumnya. Tuyul tersebut akan menguras habis air susu yang menyusuinya dan darah wanita itupun akan ikut tersedot, apalagi bila air susunya tidak ada karena tidak sedang menyusui. Orang yang menyusui tuyul tersebut akan kesakitan, kurus dan lemas. Bila sang majikan mempunyai anak, tuyul tersebut sering juga merasa cemburu dan dapat mencelakakan atau bahkan membunuh anak tersebut.


  • Sundel Bolong


Sundel Bolong adalah sesosok mahluk halus yang sosok wujudnya mirip kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian putih panjang sampai ke tanah. Jumlahnya tidak banyak. Biasanya hidup sendirian di bagian bawah pohon besar. Bedanya dengan kuntilanak adalah Sundel Bolong ini punggungnya berlubang dan wajahnya menakutkan. Jika kita lewat di dekatnya, dari tempat keberadaannya sering tercium bau busuk / bacin. Sundel Bolong memiliki kekuatan gaib setingkat dengan kuntilanak.

  • Gundul Pringis  (Ndas Glundung / Setan Glundung)

Penampakan Gundul Pringis seringkali diawali dengan suara seperti jatuhnya buah kelapa dari pohonnya. Namun ketika didekati ternyata kelapa itu mempunyai mata, hidung dan mulut yang bisa menyeringai, yang kemudian berubah menjadi kepala manusia dengan mata yang tajam menatap.


Gundul Pringis ini dapat mengejar orang dengan cara menggelinding dan menggigitnya hingga terluka parah. Sekalipun tidak sampai terkena gigitannya, biasanya orang itu akan jatuh sakit karena shock dan trauma. Nah, demikian dulu yang bisa saya ulaskan buat kerabat akarasa sekalian, dikesempatan yang lain akan kita bahas penghuni alam gaib yang lainnya. Nuwun.

0 on: "6 Makhluk Halus Dari Bangsa Dedemit"