Mengenal Lebih Dekat Keris Tangguh Tuban

Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Bilah keris adalah hasil karya seniman pembuatnya. Jika keris itu tergolong adikarya (masterpiece), maka seniman pembuatnya diberi gelar empu. Di antara tangguh keris tua yang ada, keris tangguh Tuban mungkin satu-satunya keris tangguh tua/sepuh yang masih mudah/banyak di jumpai/didapatkan sekarang. Tidak seperti tangguh sepuh lain misal majapahit, pajajaran, kediri, singosari, sedayu dll. yang sangat sulit untuk di jumpai apalagi didapatkan, kecuali hanya di saksikan di beberapa literatur tertentu.

Keris Tuban memiliki masa perkiraan pembuatan sama dengan masa-masa majapahit akhir, dan memiliki ciri-ciri ciri yang khas yang membedakannya dari keris-keris tangguh lain.
Ciri-ciri keris tangguh Tuban antara lain :

Pada umumnya keris Tuban dibuat dengan dapur lurus atau tanpa luk/lekukan dan kebanyakan dapur "Tilam Upih" dan kadang-kadang "Kebo Lajer", dalam banyak literatur yang saya baca bahkan belum pernah saya jumpai keris dengan tangguh Tuban yang dibuat dengan dapur lain, kecuali pada pakem Tombak yang malah kebanyakan tangguh Tuban banyak dijumpai dengan dapur berluk 7, 9 dan 11.

Keistimewaan Keris Tangguh Tubanuban yang tidak terdapat pada keris tangguh lain adalah bentuk bilahnya yang tipis/pipih dan tempaan yang matang, sehingga Keris Tuban pada umumnya memiliki bobot yang ringan dan jika di tinting/di sentil suaranya lebih berdenting yang menandakan matngnya tempaan. Selain tipis Keris Tuban pada umumnya juga memiliki bilah yang lebih lebar dibandingkan dengan tangguh lain.

Pamor dari keris Tuban memiliki istilah "Ndeling",  yaitu warna besi terdiri dari 3 warna hitam, putih keruh dan putih mengkilat. Tidak seperti pamor keris pada umumnya yang hanya terdiri dari warna hitam dan putih keruh, sehingga secara visual pamor Keris Tuban tampak lebih bagus dibanding keris lain.

Pamor keris Tuban yang paling indah yaitu pamor "Melati" baik Tumpuk ataupun Rinonce, jika pamor tidak sempurna maka akan jadi pamor "Banyu mambeng" atau "Wos Wutah" yang tidak kalah indahnya walaupun tidak sekelas dengan pamor Melati. Akhir kata cukup sekian dan semoga ada manfaatnya. Nuwun.

0 on: "Mengenal Lebih Dekat Keris Tangguh Tuban"