Misteri 3 Aktifitas Hidup Manusia Yang Belum Terpecahkan


Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Tepat kiranya sebuah ungkapan bahwa hidup adalah misteri, hingga saking misterinya sedetik yang akan datang saja kita tidak tahu akan terjadi apa pada diri kita. Barangkali, Tuhan menghadirkan kemisterian tersebut pada hamba-Nya agar senantiasa belajar.

Sejatinya, kalau kita mau nggraito (merenungkan) ada beberapa hal yang dalam keseharian kita bahkan sangat dekat yang tidak terpecahkan hingga kini. Yah, salah satu dampak buruk insomnia seperti saya, selalu saja ada hal-hal yang terlintas dan menjadi tanya. Ambil contoh otak kita sendiri? Iya, karena otak lah sejumlah misteri yang sulit dipecahkan dalam tubuh manusia yang terhimpun di dalam otak besar. Seperti yang kita tahu, otak besar adalah merupakan organ yang paling membingungkan, seperti hidup dan mati, kesadaran, tidur, semua itu sampai kini adalah tetap sebuah misteri yang tak mampu dipecahkan. Setidaknya sampai hari ini.

Baik, yang pertama adalah mimpi. Ada yang tidak pernah bermimpi? Jika yang mengatakan tidak pernah mimpi berarti tidak pernah tidur. Saya yakin setiap orang pernah bermimpi, lantas apa sebabnya kita bermimpi?

Andaikan pertanyaan diatas kita ajukan pada 5 orang misalnya, dengan pertanyaan serupa. Apa yang menyebabkan kita bermimpi? Dimungkinkan sekali kita akan memperoleh 5 jawaban yang tidak sama. Artinya, ini adalah misteri yang belum bisa dipecahkan ilmuwan saat ini. Meski dalam hal ini ada beberapa pendapat yang mewakili jawaban yang lebih obyektif.

Dari leterasi yang sempat saya baca, setidaknya ada dua teori yang akan saya cuplik disini. Teori yang pertama mengatakan bahwa, melalui rangsangan saraf-lah informasi antar molekul otak besar menjalankan latihan terhadap otak besar selama mimpi berlangsung. Kemudian teori yang lainnya mengatakan bahwa, orang yang bermimpi akan tugas dan perasaan yang tidak sempat diperhatikan lagi, dalam proses yang demikian bisa membantu dengan pengertian bahwa ‘mimpi bisa terjadi saat tidur sebentar sekalipun’.

Selanjutnya yang menjadi misteri lagi dan tentu saja dekat sekali dalam kehidupan kita adalah tidur. Mustahil makhluk hidup tidak tidur. Meski intensitas dan lamanya berbeda satu manusia dengan manusia lainnya. Bahkan dalam sebuah penelitian menerangkan bahwa, dalam sepanjang hidup manusia sedikitnya menghabiskan seperempat waktunya untuk tidur. Artinya jika dalam satu hari itu adalah 24 jam, maka manusia menghabiskan 6 jam sehari untuk tidur. Disamping itu, tidur juga merupakan aktifitas yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup bagi semua makhluk menyusui, termasuk manusia.

Jika kita bagikan perihal tidur ini dan saya rasa hampir terjadi pada siapapun, sekurangnya ada dua kondisi kita mengalami masa tidur. Yang pertama selama tidur berlangsung yakni saat masa tidur penuh (aktivitas bola mata melambat), saat demikian aktivitas metabolisme otak melambat; sedangkan yang kedua saat masa tidur sebentar (saat demikian bisa bermimpi), saat demikian aktivitas otak sangat dinamis. Artinya bahwa tidur dalam masa sepenuhnya dapat membuat tubuh kita istirahat, menjaga stamina. Diyakini meski saat tidur dalam masa sebentar dapat membantu membentuk sesuatu yang diingat.

Selanjutnya adalah tertawa. Tertawa adalah salah satu perilaku manusia yang paling sulit dimengerti kalau menurut saya. Saya ambil contoh, saat kita menonton film komedi misalnya. Mungkin ada satu adegan atau aksi yang kita lihat lucu dan membuat kita tertawa terpingkal-pingkal, tapi orang sebelah kita biasa saja reaksinya. Adegan tersebut tidak cukup membuat ia tertawa. Atau sebaliknya, adegan tersebut jangankan membuat kita terpingkal-pingkal, menyunggingkan senyum kita saja tidak. Padahal orang disebelah kita ngakak. Ada yang bisa jelaskan?


Nuwun.

0 on: "Misteri 3 Aktifitas Hidup Manusia Yang Belum Terpecahkan"