Cara Efektif Atasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

migran
Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Hampir bisa dipastikan setiap manusia pernah sakit kepala. Mulai dari balita hingga manula. Pemicu atau penyebab sakit kepala ini pun sangat bergam. Tingkah laku pemimpin dan anggaota dewan yang katanya terhormat pun bisa kadang menyebabkan sakit kepala. Betul, kan?

Nah, mengenai jenis dan pemicu sakit kepala penting diketahui untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kalau kerabat akarasa membiarkan sakit kepala yang panjenengan derita, yang mungkin menurut kerabat akarasa penyakit kepala biasa, tapi bagaimana kalau penyakit kepala yang panjenengan derita ternyata gejala-gejala penyakit yang serius. Ini bisa beralkibat fatal. Misalnya stroke, pendarahan otak, koma atau bahkan kematian.

Sakit kepala jelasnya memang tidak enak sekali rasanya. Rasa sakitnya kadang membuat kita tidak tahan dan pastinya kita akan cepat-cepat meminum obat sakit kepala. Namun, obat ternyata bukan cara satu-satunya untuk meredakan sakit kepala. Ternyata tanpa obat juga sakit kepala bisa sembuh. Berikut ini cara mengatasi sakit tanpa obat:

Tidur

Kelebihan tidur, salah, dan kekurangan tidur pun salah. Perilaku tidur tersebut dapat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Tubuh manusia bukanlah sebuuah robot yang dapat di-setting sehingga dapat beraktifitas selama 24 jam. Sudah selayaknya kita dapat menyempatkan diri untuk tidur yang cukup dan teratur yakni 6-7 jam dalam sehari.

Dengan membiasakan tidur dengan kapasitas noemal tersebut, dapat membuat tubuh lebih segar di pagi hari dan menghilangkan sakit kepala.

Minum Air

Minum air merupakan salah satu komponen asupan yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain dapat menghilangkan rasa haus, minum 8-10 gelas air sehari secara rutin dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh kita bekerja secara optimal.

Ternyata sakit kepala disinyalir sebagai salah satu indikator ‘kehausan’ pada tubuh. Nah, dengan minum air tentunya dapat membuat Anda bisa sedikit lebih baik. Tentu untuk selanjutnya, biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi air dengan cukup guna menjaga kestabilan tubuh dan terhindar dari sakit kepala.

Es Batu

Sekantong es batu akan membuat mati rasa daerah yang sakit dan Anda dapat mengurangi mengurangi rasa sakit kepala Anda. Jika anda merasakan sakit kepala atau nyeri akibat ketegangan dan stres, Anda boleh mengambil sekantong es batui dan ditaruh di kepala, bahu atau belakang leher.

Pijat

Berikan pijat selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Pijat pada daerah penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan didaerah ini juga di bagian kaki. Lakukan pemijatan sampai diri Anda merasakan sakit karena pemijatan ini. Selain itu Anda juga bisa menggunakan balsam untu dioleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Balsam ini akan mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.

Lindungi Mata

Radisasi kmputer atau cahaya berlebihan dapat memicu timbulnya sakit kepala. Jika Anda menderita sakit kepala akibat penggunaan komputer berlebihan, cobalah gunakan layar anti silaus saat bekerja di depan komputer.

Nah, selamat mencoba resep sederhana ini. Tinggal pilih yang mana yang paling mudah Anda lakukan, dan tentunya bisa efektif hasilnya. Semoga bermanfaat. Maturnuwun.


Sebelumnya tulisan ini sudah saya posting di kompasiana.

0 on: "Cara Efektif Atasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat"