Hati - Hati Mandi Setelah Begadang Bisa Mengakibatkan Kematian

begadang bisa berakibat kematian
Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Ini peringatan buat kita semua yang suka begadang. Memang sih bagi yang suka begadang, termasuk saya di dalamnya, sebenarnya tahu kalau kegiatan tersebut  sangat tidak baik buat kesehatan. Tapi mau bagaimana lagi, timbang tidak bisa tidur, dipaksa–paksa merem juga percuma, malah byaaar. Iya toh. Tapi jarang yang mengetahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kematian, ditambah lagi kalau setelah begadang langsung mandi. Istilah awamnya bisa meninggal karena kena ‘Angin Duduk’!

Dari literasi yang saya baca, dampak kurang tidur dan mandi setelah begadang memang fatal, yang terberat, bisa menyebabkan kematian. Selain itu, kalau mandi sehabis begadang juga beresiko terkena paru-paru basah dan “Angin Duduk” yang bisa berakibat fatal, bahkan meninggal mendadak. Habis mandi lemes, pusing terus tidur tapi tidak bangun lagi...

Sebenarnya, tubuh orang yang begadang itu melakukan banyak aktifitas, yang seharusnya pada waktu itu tubuh harus kita istirahatkan. Karena banyak aktifitas yang terjadi pada tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.

Nah, dapat kita bayangkan kalau dari suhu tubuh yang panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kita, apa yang akan terjadi?
Perumpamaan-perumpamaan dibawah ini adalah penggambaran sebagai analogi, bagaimana cara tubuh bekerja.

Coba saksikan orang yang sedang terjun payung. Jika orang yang sedang terjun bebas berhasil membuka payungnya dan jatuh perlahan-lahan karena payungnya terkembang, tentu aman toh?
Tapi jika jatuh ke bumi secara tiba-tiba tanpa menggunakan payung, apa yang akan terjadi? Paling minim resikonya yo temangsang. Selebihnya, remuk.

Satu contoh lain lagi, saat kita mengendarai mobil di jalan bebas hambatan yang sepi dengan kecepatan tinggi. Jika kita ingin berhenti, dan kita menginjak pedal rem dengan perlahan-lahan, tentunya kita akan selamat tak kurang suatu apapun. Langsam, kemudian berhenti manis. Bahkan jika ada penumpangnya yang tidur tidak bakalan bangun saking kalemnya.

Tapi jika kita mencoba menghentikan kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan cara menginjak pedal rem dengan dalam-dalam dan tiba-tiba, apa yang terjadi? Banyakan mobil akan melintir tak karuan. Masih untung jika hanya melintir dan berputar saja. Jika sampai terpental dan terguling?


Dengan analogi diatas, makanya sangat disarankan untuk tidak langsung mandi sesaat setelah begadang, karena dapat membahayakan untuk kondisi tubuh. Sebab, tubuh kita memang tidak dirancang untuk mengalami penurunan suhu tubuh yang drastis dan secara tiba-tiba. Artikel ini sebelumnya sudah saya posting di kompasiana. Nuwun.

0 on: "Hati - Hati Mandi Setelah Begadang Bisa Mengakibatkan Kematian"