Kajian Singkat Santet Desti dari Bali

persembahan betari durga
Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Santet? Satu kata singkat yang saya yakin sudah familir ditengah kehidupan kita sehari – hari, terlepas dari kita mempercayainya atau tidak. Terlebih pada generasi sekarang ini yang hidup di jaman digital yang segala sesuatunya harus diukur dengan rasionalitas dan bisa dilogikakan.

Namun demikian, terlepas dari kita mempercayainya atau tidak, senyatanya masih banyak bukti yang tidak bisa kita logika kan terjadi perihal santet ini. Masih ingat kan ada anak kecil yang tubuhnya penuh benda tajam 3 tahun lalu yang di rawat di salah satu rumah sakit swasta di Jogja. Atau juga seorang wanita di Tenggarong yang tubuhnya selalu ditumbuhi kawat yang manakala di cabut akan tumbuh kembali. Ini dua contoh kecil saja, masih banyak kejadian serupa yang tidak terekspos oleh media.

Ada beberapa tulisan di akarasa ini yang membahas khusus tentang santet, untuk lebih jauh mengetahui tentang santet bisa kerabat akarasa temukan di tautan ini SANTET. Jika sebelumnya saya membagikan salah satu ilmu pengiwan bali yang biasa disebut Cetik, maka kali ini saya akan membagikan salah satu bagian ilmu pengiwan yang lain yakni Desti.

Desti jika ditilik dari cara kerja dan peruntukannya bisa dikatakan bagian daripada Santet. Pengertian umum dari santet itu sendiri adalah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyakiti seseorang lainnya dengan cara tidak kasat mata. Santet adalah merupakan nama yang paling umum, meski di beberapa daerah lain untuk menyebut santet biasa di kenal dengan nama teluh, tenung, dan beberapa nama yang sebenarnya memiliki arti yang sama hanya saja berbeda bahasanya.

Dalam dunia per-santet-an, atau dalam bahasa lain dalam berbagai jenis santet yang ada di indonesia ada salah satu jenis santet yang bisa dikatakan terkuat dari jenis santet yang lainnya. Santet dari Bali ini adalah Desti, seperti yang sudah saya singgung di atas. Santet Desti merupakan jenis santet yang digunakan untuk membuat korbannya menjadi tumbal untuk dipersembahkan kepada Btari Durga. Kekuatan dari Santet Desti ini dianggap salah satu jenis santet yang paling dahsyat karena bila santet ini tidak dapat dipulihkan dalam waktu satu malam, maka tubuh dari sang target akan disemayami ilmu kekuatan Desti tersebut selama seumur hidupnya.

Santet Desti ini memiliki berbagai efek yang ada bagi para korbannya. Bila kekuatan Santet tersebut merupakan kekuatan santet yang kuat, maka korbannya akan mengalami kematian mendadak. Sialnya, santet ini biasanya tidak menyerang sang target saja, tapi dapat membunuh seluruh keluarganya satu persatu secara misterius dan mendadak atau dalam istilah Jawa sering dikenal dengan pring sedapur. Biasanya saat terserang Santet Desti ini, sang korban akan terkena demam mendadak lalu meninggal. Dan bagi target yang mampu bertahan, maka target tersebut akan mengalami sakit penyakit yang aneh seperti kelumpuhan, hilang ingatan, dan tingkahnya menjadi seperti anak kecil.

Santet Desti biasanya disebabkan oleh rasa sakit hati ataupun perasaan tidak suka dengan seseorang. Namun Santet Desti ini juga dapat digunakan untuk menambah ilmu kesaktian pribadi bagi sang pemberi santet tersebut.

Santet Desti ini dilakukan dengan cara sang dukun mendatangi suatu kuburan dan membawa berbagai sesajen lengkap, namun tanpa media telur seperti santet yang umum dilakukan di Jawa. Ia hanya akan meminta agar penguasa kuburan yang ia datangi untuk melakukan permintaannya sesuai dengan permintaan sang klien. Setelah itu, dalam beberapa hari, biasanya sang korban akan mengalami mati raga, lumpuh setengah atau total, menjadi cadel, dan juga lamban cara berpikirnya, atau bahkan mengalami kematian secara mendadak.

Orang yang telah terkena santet Desti ini sangat sulit untuk tertolong dan juga sangat sulit untuk dilacak siapakah pengirimnya. Karena itu, biasanya yang terkena Santet Desti ini hampir mustahil untuk ditolong, lamban dalam penanganan, atau bahkan tidak tertolong sama sekali. Sang pengirim Desti memang biasanya mengunginkan korbannya tersebut mati, karena santet ini biasanya memang dipersembahkan kepada sang Btari Durga untuk menambah kesaktiannya. Karena itu, santet ini merupakan jenis santet yang berbahaya, menggiurkan, dan sangat mustahil untuk ditolak oleh para dukun. Karena ia juga akan menerima manfaat tambahan daripada sekedar menjalankan tugas dari sang klien.


Dalam ilmu hitam, santet Desti semacam ini biasanya memang sengaja dilakukan untuk menaikkan tingkat atau menambah kesaktian bagi para pengikut ilmu Desti agar hal yang dilakukannya dapat berjalam mulus tanpa gangguan yang berarti. Yang dipastikan korbannya adalah seseorang yang dibenci atau membuatnya iri. Bagi mereka yang terkena ilmu desti ini, maka kekayaannya akan menyusut jauh, keluarganya menjadi kacau, dan bahkan uangnya akan ludes hanya untuk usaha berobat saja. Akhir kata, sekian dulu dan semoga menambah wawasan bagi kerabat akarasa sekalian. Sampai jumpa pada tulisan selanjutnya. Nuwun.

0 on: "Kajian Singkat Santet Desti dari Bali"