Meluruskan Pengertian Paranormal dan Parapsikologi

kajian akarasa

Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Dalam bentuk sekecil apapun, saya yakin setiap kita pernah mengalami kejadian luar biasa dalam hidup? Pengalaman dimana hal tersebut benar – benar sangat berbeda dengan pengalaman kita biasanya. Kadang malah kita seperti berubah menjadi orang lain ketika itu terjadi, atau bahkan kita seperti atau seolah – olah berada di dunia yang berbeda.

Sejatinya, pengalaman luar biasa tidak ekslusif. Banyak orang mengalaminya. Bahkan bisa jadi kerabat akarasa juga. Setiap orang bisa mengalami pengalaman luar biasa hampir dalam segala aspek dalam kehidupan. Misalnya saat jatuh cinta, kita merasakan dunia yang luar biasa yang sangat berbeda dengan biasanya. Lalu saat membaca sebuah buku atau menonton film dimana kita begitu terlarut di dalamnya. Seolah-olah kita merupakan bagian ceritanya.

Saya ambil contoh pengalaman luar biasa yang sering kita dengar sejauh ini, misalnya mengalami pengalaman luarbiasa seperti melihat hantu, bermimpi gempa ternyata ada gempa sungguhan, mengatakan akan ada yang datang dan tiba-tiba betul ada yang datang, atau yang lainnya. Pengalaman luar biasa itu sesuatu yang tidak normal. Masih banyak lagi sbenarnya, saya ambilkan contoh yang paling umum saja.

1. Mengaku melihat hantu dan bahkan mampu menggambarkan bentuk rupa hantu dalam lukisan.
2. Merasa akan bertemu seseorang dari masa lalu, ternyata betul-betul bertemu dengan teman saat sekolah dasar.
3. Mimpi terjadinya sesuatu, dan ternyata hal itu benar-benar terjadi
4. Tanpa tahu mengapa sangat terdorong untuk membatalkan kepergian naik alat tranportasi tertentu, dan ternyata alat tranportasi itu mengalami kecelakaan.
5. Menyembuhkan orang dari jarak jauh
6. Mampu membengkokkan sendok dengan pikiran dan mampu meramalkan headlines berita surat kabar.
7. Ada yang mati suri, dan ketika hidup lagi mengaku telah mengalami alam kematian.

Contoh fenomena luar biasa di atas, bisa jadi mungkin termasuk mungkin termasuk sampeyan pernah mengalaminya, disebut fenomena paranormal atau fenomena psi. Inilah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimanapun, pengalaman luar biasa adalah merupakan bagian dari pengalaman psikologis manusia.

Baik, kita mulai dari paranormal terlebih dahulu. sampeyan pasti sering mendengar kata paranormal. Di negeri kita, kata tersebut lazim sekali digunakan untuk orang-orang yang dianggap memiliki kekuatan luar biasa atau menjadi kata lain untuk dukun. Beberapa diantaranya sangat terkenal, laiknya selebritis, seperti Ki Gendeng Pamungkas, Permadi, sampai Ki Joko Bodo.

Mereka “dianggap” mampu melakukan hal-hal luar biasa yang tidak bisa dilakukan manusia biasa lainnya. Termasuk diantara kemampuan luar biasanya adalah kemampuan menyantet. Masih ingat toh,pemberitaan media satu dasawarsa silam, yang mana pada saat Presiden AS, George W. Bush datang ke Indonesia, Ki Gendeng Pamungkas muncul di TV dan menyatakan mau menyantet Presiden Bush. Meskipun toh itu sudah cukup menjelaskan jika orang tersebut adalah pembual semata. Artinya, sama sekali tidak bisa melakukan hal tersebut. Nyatanya, Bush sehat sehat saja sampai sekarang.

Paranormal berasal dari bahasa Yunani. ‘Para’ artinya ‘diluar’ atau ‘melampaui’, dan normal. Jadi dari asal katanya, paranormal berarti sesuatu diluar normal atau melampaui hal-hal normal. Secara definitif, paranormal adalah istilah yang digunakan untuk segala jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip fisika.

Jadi, jika ki Gendeng Pamungkas, benar-benar mampu menyantet. Maka dia bukan paranormal. Mungkin lebih tepat jika Ki Gendeng Pamungkas disebut paranormalis. Santet itu sendiri yang dianggap paranormal. Salah satu bentuk santet yakni memasukkan jarum, lidi, ijuk ke dalam tubuh seseorang dari dari jarak jauh, tanpa pernah kontak dengan objeknya, tidak dapat diterangkan dengan hukum-hukum fisika saat ini. Di akarasa ini saya sudah  banyak membahasnya.

Sampeyan pernah menonton film Star Wars? Dalam film itu ditunjukkan bahwa orang bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain antar galaksi dalam bentuk cahaya. Jika mau berangkat merubah diri menjadi cahaya. Jika sudah sampai, lantas merubah diri lagi menjadi materi. Barangkali, santet bekerja dalam prinsip demikian itu. Ijuk sebagai materi berubah menjadi cahaya, begitu sampai di perut seseorang berubah lagi menjadi materi ijuk. Namun itu hanya kemungkinan penjelasan. Sampai saat ini tidak ada hukum fisika yang bisa menerangkan perubahan itu, bahkan hukum fisika yang diketahui saat ini menyatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Intinya, santet tidak dapat diterangkan dengan hukum fisika, dan oleh sebab itu santet adalah gejala paranormal.

Psi adalah kata lain untuk paranormal. Jadi, psi juga merupakan istilah untuk semua jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip fisika.

Selanjutnya, dalam tulisan ini akan saya gunakan istilah psi saja. Tidak saya gunakanya istilah paranormal karena pengertian populer di masyarakat tentang paranormal juga menyangkut orang yang melakukan tindak paranormal. Bisa menjadi rancu malah.

Ada istilah lain yang kadang digunakan untuk menjelaskan fenomena psi, yakni gaib atau anomali. Gaib atau anomali adalah fenomena luar biasa yang terjadi diluar nalar ilmu pengetahuan biasa. Dengan penjelasan biasa, kita tidak bisa menerangkannya. Gaib dan psi sedikit berbeda. Gaib mencakup hal-hal diluar diri manusia yang tidak dapat diterangkan dengan nalar ilmu pengetahuan biasa, segitiga bermuda, monster di danau Lochness, bigfoot di Himalaya, dan lainnya. Sedangkan psi hanya jika sesuatu yang tidak dapat diterangkan nalar pengetahuan itu diperkirakan memiliki kaitan dengan pikiran atau jiwa seseorang.

Salah satu kejadian gaib adalah yang pernah saya alami sendiri saat masih MI (setingkat SD). “Suatu malam, BKKBN atau badan yang mengurusi Keluarga Berencana (KB), memutar film layar tancap di lapangan. Saya bersama orang sekampung menontonnya. Menjelang film usai, saya melihat cahaya meteor meluncur cepat dari atas langit. Ternyata, tidak seperti meteor umumnya, makin lama pergerakannya makin lambat. Terlalu lambat untuk sebuah meteor. Lebih mirip seperti gerakan pesawat yang melambat. Tampak jelas kalau ‘meteor’ itu akan jatuh tidak jauh dari lapangan. Lalu tiba-tiba, seperti kembang api, meteor itu meledakkan cahaya (tanpa suara ledakan) menjadi berwarna merah, kuning dan hijau dan menyinari cukup terang dedaunan rimbun di sebuah kebun yang berjarak hanya kira-kira 100 meter dari lapangan.”

Menurut sampeyan apakah mungkin itu meteor? Jika meteor, mengapa melambat dan kemudian memendarkan cahaya pelangi? Meteor tidak berperilaku seperti itu. Jika sampeyan menganggap kembang api, adakah kembang api yang meluncur seperti meteor dari langit jauh meluncur sampai ke bawah (tidak kurang dari 1 menit saya melihatnya)? Jika bukan meteor dan kembang api, lalu opo kui?

Semula saya berpikiran kalau saya salah lihat atau hanya halusinasi saja. Saya bertanya pada teman-teman apakah ada yang melihatnya juga. Ternyata, dari sekian banyak orang, ada beberapa yang mengaku melihatnya juga. Jadi, itu bukanlah halusinasi dan tidak mungkin salah lihat. Pertanyaannya, fenomena apakah itu? Sampai saat ini saya belum tahu jawabannya”

Hanya jika sesuatu yang gaib itu diperkirakan memiliki kaitan dengan pikiran atau jiwa, barulah yang gaib itu disebut psi.

Apa saja bentuk-bentuk psi? Secara garis besar ada dua jenis psi, yaitu psi-gamma dan psi-kappa. Psi-gamma adalah paranormal pikiran, yakni ESP (extra sensory perception) atau lebih dikenal di masyarakat sebagai indera keenam. Psi-kappa adalah paranormal tindakan. Contohnya membengkokan sendok dengan pikiran, atau menyantet. Secara keseluruhan ada banyak fenomena yang bisa digolongkan dalam fenomena psi. Beberapa diantara fenomena psi adalah telepati (koneksi antar pikiran), clairvoyance (perolehan informasi dari jarak jauh atau dari ruang dan waktu yang berbeda), precognition, psikokinesis, pengobatan psi (termasuk pengobatan jarak jauh), poltergeist, reinkarnasi, pengalaman sesudah mati (mati suri), dan pengalaman menjelang mati dan lain sebagainya.

Dan satu lagi istilah yang sering dipakai dukun sekarang adalah parapsikologi?
Parapsikologi adalah kajian ilmiah tentang fenomena psi. Dalam parapsikologi, fenomena psi betul-betul dipelajari dalam prosedur penelitian ilmiah yang ketat dan terukur. Meski sebagian ilmuwan jelas-jelas menolak bahwa psi itu ada. Namun meskipun masih kontroversial di kalangan ilmuwan, rakyat kebanyakan umumnya mempercayainya.


Meskipun, seperti kita ketahui ada banyak fenomena psi. Para ahli parapsikologi biasanya hanya berkonsentrasi mempelajari empat macam yang utama saja, yakni telepati, clairvoyance, prekognisi dan psikokinesis. Fenomena psi yang lain belum mendapatkan perhatian yang memadai. Bahkan meskipun diketahui bahwa fenomena psi ditemukan hampir disemua budaya. Boleh dibilang tidak ada budaya yang tidak mengenal psi. Di masyarakat, berkembang juga berbagai macam ilmu tentang astrologi, sihir, dan sulap. Namun, hal-hal tersebut bukan studi ilmiah sehingga harus dibedakan dengan parapsikologi. Nuwun. urd/2210

0 on: "Meluruskan Pengertian Paranormal dan Parapsikologi"