Pengertian Umum Indera Keenam

fenomena psi dan clairvoyance
Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Di akarasa ini, ada beberapa artikel yang saya bagikan yang membahas tentang indera keenam. Tapi tetap saja masih ada yang menanyakan tentang pengertian indera keenam. Baik, untuk memenuhi dan menjawab pertanyaan tersebut, tulisan pendek ini adalah jawaban itu semua. Karena akarasa tanpa sampeyan – sampeyan tidaklah berarti apa – apa.

Normalnya, manusia memiliki lima indera, yakni indera penglihat (mata), indera peraba (kulit), indera pembau (hidung), indera perasa (lidah), dan indera pendengar (telinga). Kelimanya sering disebut dengan istilah panca indera. Dalam kehidupan sehari-hari, panca indera berperan dalam mendapatkan informasi tentang dunia sekitar.

Diluar lima indera itu, banyak orang meyakini adanya indera keenam. Orang akan dianggap memiliki indera keenam jika mampu melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat, didengar atau dirasakan orang lain. Misalnya mampu melihat hantu atau bercakap-cakap dengan hantu. Demikian juga orang yang bisa meramalkan kejadian yang akan datang.

Jadi, indera keenam berperan sebagai indera untuk menangkap informasi tentang dunia sekitar yang tidak bisa diperoleh dengan indera biasa. Dalam bahasa inggris, indera keenam dikenal dengan istilah ‘sixth sense’. Adapun dalam istilah teknis psikologi, indera keenam dikenal dengan istilah extra sensory perception atau disingkat ESP. Cakupan Esp ini setidaknya ada tiga hal utama, yakni telepati, clairvoyance dan precognition. Secara singkat penjabaranya saya sertakan dibawah ini :

Telepati
Telepati adalah kemampuan untuk berkomunikasi atau saling menukarkan informasi dengan orang lain tanpa menggunakan indera. Sampeyan cukup memikirkan sebuah pesan pada salah satu teman, dan maka teman sampeyan akan menerima pesan tersebut dalam pikirannya. Cukup sampeyan memikirkan ingin makan menu tertentu, pelayan restoran langsung tahu dan membawakan menu itu ke hadapan sampeyan tanpa perlu bercakap-cakap. Inilah cara berkomunikasi paling efektif dan efisien yang bisa dilakukan orang, seandainya saja setiap manusia dimuka bumi bisa melakukannya dengan sadar.

Dalam film-film populer, telepati digambarkan begitu fantastis. Antara dua orang mampu saling bercakap-cakap tanpa perlu berbicara. Jika sampeyan memperoleh informasi telepati dari seseorang, orang itu seolah-olah berbicara pada sampeyan ketika itu juga. Jadi, kita seperti benar-benar mendengar suaranya dalam pikiran kita. Namun, tentu saja telepati tidak se-spektakuler yang digambarkan dalam film populer. Kebanyakan informasi yang disampaikan dalam telepati hanyalah gambaran-gambaran singkat.

Clairvoyance
Clairvoyance adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu secara langsung tanpa melalui indera. Berbeda dengan telepati, clairvoyance, menerima informasi secara langsung dari objek atau kejadian, baik dimasa lalu, saat ini, atau masa depan, tanpa mengetahui adanya pikiran orang tentang hal tersebut. Pendek kata, jika telepati harus mengetahui apa yang dipikirkan orang untuk tahu sesuatu. Clairvoyance tidak perlu tahu pikiran orang untuk tahu sesuatu.

Terdapat banyak bentuk clairvoyance yang dikenal masyarakat. Misalnya saja, ada orang yang selalu tahu siapa yang menelpon meskipun baru mendengar suara dering telpon.Bisa melihat apa isi rumah seseorang, padahal tidak pernah datang ke rumah orang tersebut. Bisa menemukan benda-benda yang hilang atau orang hilang. Bisa melihat benda-benda yang disembunyikan dibalik pakaian, dan sebagainya.

Clairvoyance merupakan fenomena psi yang sangat menarik perhatian masyarakat. Salah satu kejadian yang paling umum disampaikan orang fenomena ini adalah terhindarnya diri dari suatu kecelakaan karena membatalkan diri bepergian. Misalnya, entah kenapa ada dorongan kuat untuk menunda keberangkatan naik pesawat ke tujuan tertentu, padahal tiket pesawat telah dipesan. Betul, ternyata penundaan itu berbuah manis, karena pesawatnya ternyata kemudian kecelakaan. Jika tidak ditunda, bisa dipastikan ia akan ikut menjadi korban. Pada kesempatan lain kita akan bahas ini lebih panjang.

Prekognisi
Prekognisi adalah persepsi akan kejadian pada masa yang akan datang. Seseorang bisa tahu apa yang bakal terjadi pada masa depan. Seolah-olah sudah ada gambaran bahwa masa depan akan terjadi persis seperti yang dipikirkan, padahal tidak ada data tersedia untuk bisa meramalkan.

Termasuk dalam prekognisi adalah prekognisi telepati, yakni kemampuan seseorang untuk mengetahui keadaan mental seseorang dimasa yang akan datang. Misalnya prekognisi bahwa seseorang akan mengalami ketakutan, atau akan mengalami kebahagiaan.

Selain prekognisi ada juga retrokognisi, yaitu persepsi akan kejadian dimasa lalu atau bisa mengetahui sebuah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu. Sebuah contoh misalnya, pada beberapa peristiwa pembunuhan, ada saja polisi yang memanfaatkan jasa seseorang berkemampuan psi untuk melihat kembali runtut kejadiannya. Mereka dibawa ke lokasi kejadian, dan diminta untuk menceritakan apa yang telah terjadi dimasa lalu.

Salah satu bentuk prekognisi adalah premonition, yakni perasaan atau kesan bahwa sesuatu akan terjadi. Biasanya kejadian yang dirasakan akan terjadi berupa kejadian yang mengerikan atau tidak menyenangkan. Banyak orang melaporkan sering mengalami hal tersebut.

Saya mengenal seseorang yang kata-katanya sering terbukti benar. Dalam seminggu ia melihat beberapa kecelakaan di jalan raya. Lantas ia merasa akan ada yang kecelakaan, entah dirinya sendiri atau orang dekatnya. Pada pagi hari dia berkata seperti itu, malamnya ia tabrakan sepeda motor. Lain waktu, ia melihat beberapa acara lelayu (mengunjungi orang meninggal). Ia lantas merasa bakal ada orang dekatnya yang meninggal. Betul saja, keesokan hari setelah ia berkata seperti itu, ia mendapat kabar kalau teman dekatnya waktu SD meninggal dunia karena tabrakan.

Secara umum, kita menganggap prekognisi idem dito dengan peramalan. Sampeyan mungkin sudah mengenal Nostradamus, seorang peramal dari masa lalu yang meramalkan kelahiran Bung karno, meramalkan tenggelamnya kapal Titanic, sampai meramalkan terjadinya perang dunia. Dalam bait-bait tulisan, ramalannya diabadikan dan memperoleh pembenaran sejarah. Orang menganggap bahwa Nostradamus memiliki kemampuan prekognisi yang hebat. Mungkin hal itu benar, terbukti dari beberapa ramalannya yang tepat. Sementara sampai disini dahulu, lain waktu dan kesempatan yang lebih baik kita akan membahasnya lebih dalam lagi. Nuwun.

0 on: "Pengertian Umum Indera Keenam"