Sejarah Wanita Cantik : Karunia Pengundang Petaka


Akarasa – selamat datang kerabat akarasa. Terlahir cantik adalah anugerah tersendiri, dan menjadi cantik bagi seorang wanita adalah sebuah dambaan. Tapi apa jadinya, jika anugerah kecantikan merupakan petaka baginya. Tidak sedikit  wanita yang dari sononya teranugerahi kecantikan justru mengalami tragedi dalam hidupnya. Karena kecantikannya tersebut. Kenapa?

Kita tentu ingat sejak awal kecantikan telah menyebabkan tragedi sejak zaman Adam. Bagaimana cerita tentang pembunuhan Habil-Kabil juga dikarenakan oleh kecantikan Iklima. Dari situlah telah muncul bibit kawit pentingnya kecantikan raga wanita.

Apa pesan sesungguhnya dari Tuhan yang dialamatkan pada para perempuan cantik. Para pemilik keindahan rupa dan tubuh manusia. Apakah kecantikan identik dengan karunia atau justru kutukan bagi wanita? Bagaimana wanita harus melihat kecantikan pada dirinya? 

Ken Dedes, perempuan cantik menjadi pusaran tragedi Kerajaan Singasari. Dari Ken Dedes lah semua awal perseteruan dan pembunuhan berawal. Kecantikan Ken Dedes yang luar biasa dan diikuti kecerdasannya telah membuat dirinya sebagai perempuan rebutan bagi banyak penguasa.

Tersebutlah pada suatu hari Tunggul Ametung singgah ke Desa Panawijen dan di sanalah ia bertemu dengan Ken Dedes. Parasnya yang ayu dan tubuhnya yang molek membuat Tunggul Ametung terpesona. Keinginannya untuk memperistri Ken Dedes begitu kuat. Ketika menyatakan keinginannya untuk membawa pulang Ken Dedes, wanita itu keberatan lantaran ayahnya belum pulang dari bertapa. Ken Dedes adalah putri satu-satunya seorang pendeta Buddha aliran Mahayana, Mpu Purwa.

Akan tetapi Tunggul Ametung tak kuasa untuk bersabar. Dibawanya paksa Ken Dedes kembali ke Tumapel untuk dinikahi. Ketika Mpu Purwa pulang dan mendapati putri satu-satunya diculik, ia marah besar. Sang pendeta lalu mengutuk bahwa siapa pun yang telah menculik Ken Dedes akan mati terbunuh dengan keris dan tidak akan merasakan kenikmatan hidup.

Tercerita juga pada suatu hari ketika Ken Arok membantu Ken Dedes turun dari kereta, kain wanita itu tersingkap. Ken Arok terkesiap melihat pangkal paha Ken Dedes yang bercahaya. Ia lalu bertanya kepada Lohgawe apa arti dari kejadian tersebut. Menurut sang pendeta, memperistri wanita dengan ciri-ciri seperti itu akan menjadi penguasa dan memberikan keturunan raja-raja Jawa. Atas dasar itulah kemudian timbul niat jahat Ken Arok untuk membunuh Tunggul Ametung.

Singkat cerita, Ken Arok menikahi Ken Dedes setelah membunuh Tunggul Ametung dengan keris sakti yang dipesannya pada Mpu Gandring. Malam itu, Ken Dedes menyaksikan sendiri bagaimana suaminya dibunuh oleh sang pengawal kepercayaan. Namun entah karena bujuk rayu Ken Arok atau karena sedari awal Ken Dedes juga memiliki perasaan kepada Ken Arok, wanita itu mengiyakan saat Ken Arok memintanya menjadi istri.

Kisah Ken Arok dan Ken Dedes memang memiliki daya tarik tersendiri. Dan seperti yang diramalkan, Ken Dedes memang melahirkan keturunan yang menjadi raja-raja di Jawa, mulai dari Anusapati, Ranggawuni, dan Kertanegara yang merupakan pembesar di Kerajaan Singosari. Selain itu, keturunan Ken Dedes juga sampai hingga pada Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit dan Hayam Wuruk.

Sejarah mencatat dalam zaman modern para wanita cantik mengalami tragedi serupa. Perang Dunia I juga sebagiannya disebabkan oleh pembunuhan seorang Pangeran Dinasti Hasburg yang konon dilatarbelakangi oleh cinta dan perempuan cantik. Tak kurang dari 30 juta jiwa melayang karena perang ini. Tragedi selanjutnya misalnya Maryline Monroe, bintang jelita Amerika Serikat. Perempuan lainnya Jaqualine Kennedy, suaminya John F Kennedy tewas ditembak mati.

Lalu Yoko Ono, istri John Lennon, kehilangan suaminya yang tewas ditembak mati. Imelda Marcos - ratu kecantikan Filipina - suaminya tewas di pengasingan Hawaii. Kisah Imelda Marcos jelas merupakan persaingan antara Ninoy Aquino dengan Ferdinand Marcos yang memperebutkan Imelda. Akhirnya Ninoy Aquinolah yang pertama tewas.

Juga Grace Kelly, bintang Hollywood jelita meninggal akibat kecelakaan sebagai Ratu atau Permaisuri Kerajaan Monako. Tragedi terus mencatat, Farah Diba, perempuan cantik istri Syah Iran Reza Pahlevi, melihat suaminya tewas dan harus dikubur di Kairo Mesir, bukan di tanah kelahirannya, Persia.

Lalu kita melihat juga tragedi Lady Diana sebagai wanita jelita hidupnya tidak seperti kecantikan rupa dan kemolekan tubuhnya. Lady Diana disingkirkan oleh Pangeran Charles dengan perselingkuhan sepanjang perkawinan dengan perempuan Camilla Parker Bowles. Lady Diana sendiri tewas di terowongan jalan raya di Paris, Prancis dengan pacarnya Dody El Fayed, putra pemilik pertokoan mewah Harrods dan Fulham, Muhammad El Fayed.

Pertanyaannya, mengapa perempuan cantik di atas rata-rata cenderung hidupnya susah dan menciptakan tragedi? Secara psikologis, wanita cantik merasakan tuntutan tinggi pada kenikmatan duniawinya. Kecantikan secara sadar atau tidak sadar adalah menjadi tiket bagi kenikmatan duniawi. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar istri dan permaisuri para penguasa adalah wanita cantik.

Terpampang juga secara nyata bahwa kesempatan meraih keberhasilan di dunia hiburan, film, televisi, dan bahkan dunia kerja mensyaratkan kecantikan sebagai prasyarat atau bahkan syarat bagi perempuan untuk memasuki dunia tersebut. Berawal dari sini, secara psikologis, perempuan cantik - atau yang merasa cantik, akan mensyaratkan kelimpahan kekayaan duniawi sebagai patokan untuk mencari pasangan hidupnya.

Kebetulan dari pihak laki-laki pun secara alamiah mensyaratkan kecantikan sebagai syarat mendapatkan pasangan yang diinginkan. Wanita cantik dan gemerlap dijadikan lambang keberhasilan dan kejayaan serta kekuasaan laki-laki. Itulah sebabnya kenapa banyak pria yang telah sukses secara materi justru menikahi perempuan lain yang dirasa lebih cantik secara fisik.

Nah, bagi para kerabat akarasa yang cantik, atau yang menganggap diri cantik, bekalilah dan tambahkanlah ketrampilan dan kecerdasaan dalam diri kalian, sehingga kecantikan fisik itu menjadi lebih sempurna. Kecantikan dalam jiwa dan kecerdasan niscaya akan membahagiakan diri ketika semua mampu diraih. Cara menikmati hidup perempuan cantik dan cerdas akan berbeda dengan hanya cantik tapi secara kecerdasan dan kecantikan jiwa kosong.


Banyak perempuan cantik dengan kecantikan jiwa menjadi warna dunia, misalnya Ratu Sirikit, Ratu Elizabeth II, Ratu Noor, dan para perempuan jelita lainnya yang mewarnai keindahan dunia. Karena sesungguhnya pada setiap laki-laki hebat selalu ada perempuan hebat di belakangnya. Contoh, Muhammad SAW sebagai rasul dan manusia biasa di belakangnya ada perempuan cantik dan hebat, Siti Hadijah! Hitler, Eva Brun. BJ Habibie, Ibu Ainun Habibie, Soeharto - Ibu Siti Hartinah Soeharto, Soekarno - Fatmawati. Bahkan para pembalap Moto GP dan F1 pun dikelilingi wanita cantik. Silakan sikapi kecantikan wanita dengan bijaksana agar kecantikan bukan menjadi malapetaka, bukan kutukan, namun kecantikan sebagai berkat dan karunia Tuhan. Salam bahagia ala akarasa. Nuwun.

0 on: "Sejarah Wanita Cantik : Karunia Pengundang Petaka"