Mitos Lolongan Anjing dan Arwah Penasaran

Akarasa – Selamat datang kerabat akarasa. Suasana Banjar, kampung halaman istri saya malam ini tak seperti biasanya. Suhu udara menusuk-nusuk hingga ke pori-pori kulit. Serombongan angin yang menerabas begitu saja dari jendela yang sengaja saya buka, berpaduan dengan gemerasak suara daun rambutan depan rumah. Kalaupun saya sebutkan, hanya ada suara serangga malam yang sesekali memecah keheningan malam ini.

Hingga kemudian saya menuliskan ini, ada yang menjadi perhatianku. Saya pertajam indera pendengaran, samar tapi sangat jelas saya dengar suara itu. Lolongan anjing malam. Lama saya tidak mendengar lolongan seperti barusan. Suaranya seperti raungan seringala. Meraung pilu seperti meratapi sesuatu. Mendengarnya, membuat suasana menjadi lain, semacam mendera mencekam.

Lantas, saya bertanya dalam hati? Apa benar cerita-cerita orang yang mengatakan bahwa suara lolongan anjing, menandakan sesuatu yang berhubungan dengan hal gaib atau klenik?

Saya jadi teringat cerita yang pernah saya dengar dari orang tua ketika itu, jika anjing melolong seperti raungan serigala, berarti si anjing sedang melihat makhluk dari "dimensi" lain. Lolongan anjing itu pertanda bahwa ada 'arwah penasaran' yang berada di sekitar anjing tersebut. Apakah benar demikian?

Saya masih ingat cerita tetangga saya di Jogja ketika jagongan di pos ronda ketika itu, katanya lolongan anjing itu ada kaitannya dengan kejadian tempo dulu. Kata tetangga saya tersebut, dahulu di kampungnya di daerah Klaten, pernah ada kasus pembunuhan yang terjadi. Katanya, arwah sang korban menjadi "penasaran" dan sejak saat itu sering terdengar suara lolongan anjing. Apakah ini memang benar adanya atau hanya sekedar mitos? Entahlah!


Tatar Galuh, Banjar Patroman, 17/06/2017

0 on: "Mitos Lolongan Anjing dan Arwah Penasaran"